Kamis 17 September 2020. Materi Ajar B. lampung kls 3. Sd Al-Azhar 3

 MATERI AJAR BAHASA LAMPUNG KELAS III


Hari/Tanggal : Kamis 17 September 2020
Kelas : III
Tema/Subtema/Pembelajaran : Menyaksikan Festival Skala Brak

Kompetensi inti dan Kompetensi dasar
Menerima, menjalankan dan menghargai agama yang di anutnya.
1.1 meresapi makna anugrah tuhan yang maha esa berupa bahasa daerah lampung yang dikenal sebagai akar dari bahasa indonesia dan sebagai salah satu sarana atau alat bagi pelestarian budaya lampung.
1.2 Meresapi keagungan tugan yang aha esa atas penciptan makhluk hidup dan keberagaman kehidupannya di alam semesta
1.3 Memiliki rasa bersyukur terhadap tuhan yang maha esa atas terciptanya makhluk hidup dan keberagaman budaya. 

Tujuan peserta didik mampu :
• Melafalkan teks bacaan, menterjemahkan serta menjawab pertanyaan tentang Nuntun festival skala brak dengan benar


RINGKASAN MATERI





NUNTUN FESTIVAL SKALA BRAK
Festival Skala Brak (FSKB) ke -1 Kabupaten Lampung Barat tahun 2014 di Liwa ghamik benogh. Delom Festival Skala Brak sinji dilaksanako peghlumbaan si nampilko jama ngenalko bumaco-macom kesenian hinggo jelajah alam. Tampilan lumba gegoh lumba lagu lampung, lumba tari kreasi , lumba nyambai, arung jegham, ghik jelajah alam gunung pesagi. Wat monih karnaval budaya daerah si nampilko berbagai seni dan budaya. Karnaval budaya sija betujuan selain nampilko seni ghik budaya, kreasi dan tradisi munih guwai ngegali, ngelestariko ghik ngembangko budaya-budaya daerah si ghadu wat di tengah-tengah masyarakat. Wat munih kegiatan nginum kupi jama-jama 5000 cangkegh ghik Sekura Cakak Buah si lamon ni 39 batang pinang.

 Artinya
Festival Skala Brak (FSKB) ke-1 Kabupaten Lampung Barat tahun 2014 di Liwa ramai sekali. Didalam Festival Skala Brak ini dilaksanakan perlombaan yang menampilko dan mengenalkan bermacam-macam kesenian hingga jelajah alam. Tampilan lomba seperti lomba lagu lampung, lomba tari kreasi, lomba nyambai (menari), arum jeram, dan jelajah alam gunung pesagi. Ada juga karnaval budaya daerah yang menampilkan berbagai seni dan budaya. Karnaval budaya ini bertujuan selain menampilkan seni dan budaya, kreasi dan tradisi juga untuk menggali, melestarikan dan mengembangkan budaya-budaya daerah yang sudah ada di tengah-tengah masyarakat. Ada juga kegiatan minum kopi sama-sama 5000 cangkir dan sakura panjat buah yang banyaknya 39 batang pinang 

Tugas : Kerjakan Latihan Bahasa Lampung di Google Forms, Alamat link nya di Sheree Wali kelas yaah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa 21 Juli 2020 Materi ajar B.Lampung Kelas IV

Senin 9 September 2019. Materi Ajar B.Lampung Kelas IV

Selasa 10 November 2020 Materi Ajar Bahasa Lampung kls IV