Selasa 18 Agustus 2020. Materi Ajar B.Lampung kelas IV

Hari/tanggal : Selasa 18-08-2020
Kelas             : IV Tema/Subtema/Pembelajaran : Hemat Energi 

RINGKASAN MATERI
Pengantar 
kita sebagai mahluk hidup harus berhemat energi untuk kehidupan kita sehari-hari. energi sangat lah penting untuk kelangsungan hidup kita. energi yang kita dapatkan berasal dari makanan yang kita makan, macam- macam energi ada energi gerak, bunyi, cahaya dan energi panas. energi yang kita gunakan juga sebagian asalnya dari bahan bakar minyak (BBM).

Pembelajaran  
Bahasa Lampung 

Ayo Kita Berhemat Energi  

Hemat Energi 
Gughu gham, bu Fatma ngajagh Ilmu Pengetahuan Alam tentang Hemat Enehgi. cawa bu Fatma, "enehgi penting benogh guwai ughikni manusia". energi petting, ulah gham meghluko energi guwai kegiatan seghani-ghani gegoh belajagh, bumain, lapah ghik buolah raga. "anjak dipa badan gham mansa sumber energi?", cawa bu Fatma jama sanak-sanak. " yu, gham mansa energi anjak kanan sai gham kanik". unggal ghani gham peghlu munih energi sai baghih, cuntuni energi bunyi, energi cahaya, energi panas ghik energi gerak. waktu debingi ghani manom, gham meghluko energi listrik guwai penerangan. gham ngughikko televisi makai sumber energo listrik. gham nasak kanikan makai kompor gas. kompor gas meghluko energi gas. anjak dipa asalni sumber energi jena? energi sai gham gunako sebagian balak asalni anjak baham bakar mnyak (BBM) gegoh minyak tanah, solar, bensin, ghik gas alam. bahan bakar minyak (BBM) digunako guwai transportasi, nyunjong jama ngughikko mesin-mesin pabrik makai bahan bakar minyak (BBM) ghalokni gham mesti buhimat, ulah ki ghadu tipakai bahan bakar minyak (BBM) sina ghaga bela ghik mak dapok di perbaruko luwot. macom-macom cagha gham ngehimat energi gegoh cuntuni dibah hinji : 
1. matiko lampu listrik, televisi ghik setrika listrik ki ghadu mak digunako lagi. 
2. matiko mesin motor atawa mesin mobil ki ghadu taghu di pok tujuan 
3. matiko kompor gas ki ghadu selesai nasak. 

Artinya 
guru kita, bu Fatma mengajar ilmu pengetahuan alam tentang hemat energi. kata bu fatma "energi penting sekali untuk hidupnya manusia. energi penting, karna kita memerlukan energi untuk kegiatan sehari-hari seperti belajar, bermain, jalan dan berolah raga. " dari mana badan kita mendapatkan sumber energi? "tanya bu fatma kepada anak-anak." ya, kita mendapatkan energi dari makanan yang kita makan ". setiap hari kita perlu juga energi yang lain, contohnya energi bunyi, energi cahaya, energi panas dan energi gerak. waktu siang menjelang malam, kita memerlukan energi listrik untuk penerangan. kita menghidupkan televisi memakai sumber energi listrik. kita memasak makanan memakai kompor gas. kompor gas memerlukan energi gas. dari mana asalnya sumber energi tadi? energi yang kita gunakan sebagian besar asalnya dari bahan bakar minyak seperti minyak tanah, solar, bensin dan gas alam. bahan bakar minyak digunakan untuk transportasi, masak dan menghidupkan mesin-mesin pabrik. memamkai bahan bakar minyak, harusnya kita mesti berhemat, karna kalau sudah di pakai bahan bakar minyak sudah mau habis das tidak bisa di perbaruhi lahi. macam-macam cara kita berhemat energi seperti contoh di bawah ini : 
1. matikan lampu listrik, televisi dan setrika listrik jika tidak digunakan lagi 2. matikan mesin motor atau mesin mobil jika berhenti di tempat tujuan 
3. matikan kompor gas jika sudah selesai masak. 

Tugas : tulis di bu latihan ya nak.

Isilah titik-titik dibawah ini dengan kata yang tepat.
1. Payu gham jama-jama.....eneghgi listeghik.
2. Mak helau.....makai seteghika listeghik ki ghadu mak tipakai.
3. .....kompogh gas ki mak tipakai nasak lagi.
4. Ghadio ghik lampu sentegh.....eneghi bateghai.
5. Lampu listeghik.....ngasilko eneghi cahaya.

1. Ngasilko
2. Makai
3. Ngughikko
4. Ngehimat
5. Matiko

Soal bisa dilihat di buku cetak B.lampung hal. 12

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selasa 21 Juli 2020 Materi ajar B.Lampung Kelas IV

Senin 9 September 2019. Materi Ajar B.Lampung Kelas IV

Selasa 10 November 2020 Materi Ajar Bahasa Lampung kls IV